Selasa, Oktober 7

Laskar Pelangi -Belajar 'Hidup'

Nice. Touching.
Dua kata untuk mendeskripsikan film ini. Walau menurut gue novelnya jauh lebih mantap, film ini layak diberikan predikat 'Film Terbaik Indonesia'. Akting anak-anak belitong yang begitu natural gue kasih two thumbs up ! terutama si Ikal dan Mahar. Gue suka fotografi di film ini, cara nge-shootnya adegannya keren keren ! Enjoy the screenshots :)





The Beauty of FRIENDSHIP


'boy, kau lagi ngapain sih ?


Laskar Papua

*****


'Semua orang berhak mendapatkan pendidikan'. Mau yang kaya mau yang miskin mestinya gak boleh dibedain ya dalam hal pendidikan? Ahh.. gue jadi teringat harapan gue dulu. Gue tuh pengeen banget bisa sekolah di sekolah yang kampung yang ndeso yang bobrok, mirip kayak di film Laskar Pelangi. Anehkah keinginan gue? disaat orang lain pengen sekolah di sekolah yang canggih dan elit, gue malah pengen 'mendesa'.



Kayak di Laskar Pelangi, SD Muhammadiyah yang udah mau roboh itu tetep aja gak membuat penghuni-penghuninya patah semangat. Hari-hari mereka dijalanin penuh kegembiraan dan keceriaan. Mereka belajar gak selalu di kelas, bisa dimana aja dan gimana aja. Lari-lari di padang tumput, kadang cuma nyanyi-nyanyi doang, atau berenang di pantai sama sahabat-sahabat yang berteman gak mengenal materi. Asiknya.

Sampe-sampe gue pernah bilang gini ke nyokap: "Mah, aku pengen deh sekali-sekali masuk sekolah jelekan, aku bosen Mah di alazhar, aku pengen sekolah yang di pegunungan, atau sekolah di pesisiran pantai gitu lho, pokoknya kayak desa Mah, jauh dari kota.. kayaknya lebih enak". Nyokap gue cuma tersenyum ngedengernya (mungkin dia ngira kepala anaknya habis kejedot kapal tanker). ahhhh..

Aku bosan dengan sumpeknya kota.
Aku bosan dengan bau asap jalanan.
Aku bosan dengan kendaraan-kendaraan tak punya otak itu.
Aku juga bosan dengan kaum kaum hedonisme.
Aku bosan dengan kaum kaum borjuis.
Aku bosan dengan kepalsuan yang kalian pamerkan.
Aku ingin pergi dari sini.
Aku ingin belajar sesuatu yang tak kalian pelajari disini.
Aku cuma ingin belajar hidup.
Belajar mata pelajaran yang tak bisa diukur dengan angka.
Pelajaran yang tak bisa diukur dengan rapor bodoh itu.
Aku cuma ingin belajar hidup.

...

0 comments: